Kecewa JNE sama Kurir nya yang gk amanah Semoga JNE bisa lebih memperbaiki lagi !!!
Sedikit berbagi pengalaman nih gaes saya suka beli online karna tidak ribet barang sampai namun resiko nya ya klo barang tidak sesuai dengan keinginan kita .jadi kronologi nya begini hampir satu bulan saya ikut PO lcd kamera di slah satu olshop setelah nunggu lama akhir nya barang sudah sampai di olshop tersebut barang nya dari china tadi nya .setelah barang sampai kemudian akan di kirim ke orang-orang yang sudah ikut PO .kebetulan saya minta barang tersebut di kirim i alamat saya di jogja nah karna sudah bisa pake jasa JNE jadi saya tidak ragu lagi karna biaa nya tepat waktu molor-molor nya paling 1-2 hari lah .karna sudah yakin saya tidak cek resi namun setelah saya tunggu satu sampai dua hari kok barang belom sampai sampai kemduian saya cek di resi namun ternyata di satus barang sudah di teima oleh seseorang nama nya ILMA dan itu say tidak kenal .kemudain agak sedikit panik karna di sebelah-sebelah rumah tidak ada yang nama nya ilma ,kemudian saya tunggu sehari lagi stelah saya tunggu juga masih belom ada kabar .kemudian hari berikut nya saya datang ke agen JNE terdekat namun setelah sampai sana ternyta di sana tidak bisa bantu apa apa cuman di kasih no pusat JNE jogja ,setelah dapat no keduian saya telfon no jne pusat tersebut kemudian saya menyampaikan keluhan saya kalo barang saaya belom saya terima namun di status sudah ada yang nerima .kemudian jawaban mbak-mbak nya ok bapak nanti saya laporkan saya tanyakan ke kurir yang mengantar .silahkan tunggu nanti saya hubngi .setelah aku tunggu-tunggu sampai ke esokkan hari nya belom juga di hub sama JNE nya padahal bilang nya mau di hubungi kan saya takut kalo barang nya udah di bongkar-bongkar .karna belom di hubngi saya memutuskan untuk menghubungi kembali jne karrna orang nya beda saya nyebutin no resi lagi kemudian saya mentyebut kan keluhan lagi trus sana nya bilang oya bapak ini sudah kami cek ke kurir kemungkinan kurir nanti biar tarik barang kembali di tunggu saja bapak nnti kalo ada info saya kabri .tapi sampai hari ini belom ngabarin sedih jugaaaa gue .pokok nya kalo sampai hari senin belom ngabarin saya mau samperin JNE pusat mau minta ketemu sama kurir nya kalo sampai ada apa-apa saya mau minta ganti rugi .ini bukan cuma rugi materil namun juga imateril kalo sampai barng ilang .yah begitulah cerita saya lain kali harus hati2 lagi .nah biar agan-agan tau nih di bawah status-status yang agan perlu tau .
Status | Arti |
---|---|
AU (Antar Ulang) | Barang anda sudah dibawa untuk dikirim tapi karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya maka akan diulangi kembali hari ini. |
BA (Bad Address) | Alamat yang dituju tidak jelas atau salah. Hal ini bisa disebabkan kesalahan pada penulisan alamat, nomor RT/RW, nomor jalan, nomor rumah, kodepos, nomor gang, dan sebagainya. |
MR (Misroute) | Pengiriman salah menggunakan jalur atau menggunakan tujuan yang salah. JNE akan segera membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan. |
CC (Criss Cross) | Paket yang dikirim tertukar dengan paket lain. |
RD (Redelivery) | Paket akan dikirimkan kembali, ini bisa disebabkan penerima tidak ada di rumah. |
Closed Once Delivery Attempt | Paket telah diantar kurir JNE ke alamat tujuan, tetapi alamat penerima ternyata salah atau kosong. Kalau muncul status ini sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE di kota anda. |
Cnee Unknown (Consignee Unknown) | Nama penerima paket tidak dikenali di tempat tujuan pengiriman, atau nama orang tersebut tidak tinggal di alamat tujuan. Ini bisa jadi disebabkan kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket. |
NTH (Not at Home / Not Home) | Saat paket tersebut diantar ke alamat tujuan tidak ada orang yang menerimanya. |
Box Delay | Barang ada di JNE tapi tidak dikirimkan karena alamat salah atau tidak lengkap. Disarankan untuk langsung mengambil di kantor pusat JNE kota setempat. (Tambahan dari mas Adnan) |
Box Undel (Box Undelivered) | Paket sudah dikirim ke alamat tujuan tapi tidak orang di tempat dan sudah dihubungi berkali - kali melalui nomor telepon yang tercantum tidak ada respon. (Tambahan dari pertanyaan mbak Icha) |
Status Kosong | Ini bisa disebabkan kesalahan input data paket di JNE asal pengiriman, masih belum diupdate oleh agen JNE, barang yang dikirim belum masuk tahap Manifest, atau ada error pada database JNE. |
Invalid Bag | Status ini berarti paket anda salah masuk tas (invalid bag) sehingga ikut dikirimkan melalui jalur yang salah. Karena sudah dikenali bahwa barang tersebut tidak seharusnya dimasukkan dalam bag lain maka silahkan tunggu saja sampai ada update status JNE berikutnya. Status JNE yang ini juga baru saya sendiri mengalaminya. |
LBA (Luar Batas Antar) | Lokasi tujuan pengantaran paket di luar zona pengiriman JNE, biasa disebabkan alamat yang tertera letaknya di tempat terpencil. Silahkan hubungi kantor cabang JNE setempat untuk mengambil sendiri paketnya. |
AU to OPS | Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali. |
Hold | Paket sedang ditahan oleh pihak JNE, hubungi kantor JNE di kota anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. |
HO/Hand Over | Paket tersebut telah diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan, biasanya adalah agen JNE lain yang lebih dekat dengan lokasi tujuan pengiriman. |
HVS (High Value Shipment) | Barang yang dikirimkan termasuk kategori benda berharga atau bernilai tinggi. |
CL | Maksudnya saat kiriman diantar ke alamat tujuan tapi keadaannya tutup atau kosong. |
Pending Undel | Artinya paket tidak terkirim (Undelivered) dan masih ditunda (Pending) proses berikutnya. Lebih baik anda ambil sendiri di agen JNE kota anda kalau status ini yang muncul. |
FW (Forward) | Paket diteruskan ke agen JNE di kota tujuan. |
Alkhamdulilah setelah 5 hari barang di temukan ,tidak sabar sama jne akhirnya nglacak sendri.
BalasHapusCara ngelacak nya gimana
BalasHapus